Sheila on 7

Sheila on 7 merupakan debut album dari grup band Sheila on 7 di belantika musik Indonesia yang dirilis pada tahun 1999. Namun, dalam versi rilis Malaysia dan Singapura, album ini bertajuk Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki. Beberapa hits single yang diusung album ini di antaranya adalah Dan, Kita, J.A.P, dan Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki. Sheila on 7 sendiri merupakan salah satu grup musik yang membangkitkan lagi masa band muda di Indonesia pada awal milenium baru.

Latar Belakang

Dikutip dari laman Wikipedia, Sheila on 7 mempunyai inisiatif untuk mengajukan demo album pertama mereka ke Major Label di Jakarta usai single mereka yang berjudul Kita mendapatkan apresiasi yang positif dari pendengar di Yogyakarta melalui Radio Geronimo FM. Perjalanan yang berliku sempat dilalui oleh band yang berdiri pada tahun 1996 ini saat mengajukan proposal dan demo pembuatan album mereka. Meskipun sempat ditolak oleh Warner Music, namun akhirnya Sheila on 7 resmi dikontrak Sony Music Indonesia pada Oktober 1998 dan langsung melakukan rekaman album di bulan itu juga.

Rilis Album dan Kesuksesan

Akhirnya, album yang berjudul sama dengan nama band ini pun dirilis pada Maret 1999. Tetapi, single pertama mereka yakni Kita, sudah dirilis terlebih dahulu pada akhir Februari 1999 dengan video klip yang dibintangi oleh para pemeran sinetron Lupus Milenia seperti Irgi Ahmad Fahrezy dan Mona Ratuliu. Lagu yang paling fenomenal di album pertama ini adalah adalah single ke-dua yang diberi judul Dan. Lagu karya Eross Candra ini sangat berhasil meracuni dan mengharu biru para pencinta musik di seluruh Indonesia. Bahkan, lagu dengan komposisi sederhana ini berhasil membuat rekor baru, menjadi nomor satu di tangga lagu MTV Ampuh selama 40 minggu dan berhasil menjadi Song of the Year selama dua tahun berturut-turut. Tak ayal lagi Sheila on 7 menjelma menjadi idola remaja yang selalu menjadi buruan wartawan kemanapun mereka pergi.

Kontroversi sempat merebak kala single berikutnya Anugrah Terindah Yang Pernah Kumiliki dituduh menjiplak lagu milik Cat Stevens yang berjudul Father and Son. Akan tetapi, berita miring tersebut tidak menggoyahkan ketenaran dari Sheila on 7.

Album pertama yang hanya bertitel "Sheila on 7" ini terjual mencapai 1,5 juta keping termasuk dari beberapa negara tetangga. Di Malaysia sendiri, album ini dirilis dengan judul "Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki", mengambil salah satu hits yang ada di album ini.

Pada awalnya, memang tidak sedikit yang mempertanyakan kemampuan bermusik mereka. Hal ini lantaran musik yang mereka mainkan begitu simpel dan easy listening. Namun, akhirnya mereka berhasil menjawab keraguan publik tersebut, karena nyatanya hingga sekarang Sheila on 7 tetap konsisten dalam berkarya dan berprestasi. Nah, berkat album perdana ini Sheila on 7 meraih begitu banyak penghargaan, salah satunya adalah Best New Comer di MTV Indonesia Music Awards 2000.

Pengaruh dan Penghargaan

Album ini termasuk dalam 150 Album Indonesia Terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone Indonesia dengan menempati peringkat #33.

Selain itu, lagu Dan juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik juga oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Daftar Lagu

Semua lagu adalah ciptaan Eross Candra, kecuali Terlintas 2 Kata oleh Adam.

  1. TERTATIH
  2. KITA
  3. J.A.P
  4. ANUGERAH TERINDAH YANG PERNAH KUMILIKI
  5. PE DE
  6. DAN
  7. TERLINTAS 2 KATA
  8. BERAI
  9. BOBROK
  10. PERHATIKAN, RANI !

Personil

  • Akhdiyat Duta Modjo - Lead Vocal, Tambourine, Back Voc
  • Eross Candra - Acoustic and Electic Guitar, Slide Guitar, Keyboard, Tambourine & Back Voc
  • Saktia Ari Seno - Electric Guitar,  Back Voc
  • Adam Muhammad Subarkah - Bass, Back Voc
  • Anton Widiastanto - Drums and Percussion, Back Voc

Single dan Video Klip

Berikut ini beberapa single, waktu rilis, dan artis yang membintangi video klipnya.

  • Kita - Februari 1999 - Pemain sinetron Lupus Milenia (Irgi A. Fahrezi, Mona Ratuliu, Fanny Fadhillah, Fahrani)
  • Dan - Juni 1999 - Davina Veronica
  • Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki - Oktober 1999 - Dian Sastrowardoyo
  • J.A.P - Februari 2000 - Dian Sastrowardoyo
  • Perhatikan, Rani ! - Juni 2000 - Sarie Chasmala

Galeri Gambar

Cover Kaset Sheila on 7 Album Sheila on 7

Sampul Kaset Sheila on 7 Album Sheila on 7

Sampul Kaset Sheila on 7 Album Sheila on 7

Kotak Kaset Sheila on 7 Album Sheila on 7

Kaset Sheila on 7 ini dibeli pada toko kaset yang berada di Pasar Palmerah, Jakarta Barat dengan harga Rp 14.000. Menurut catatan admin yang dibuat pada salah satu sudut sampul kaset tersebut, kaset ini dibeli pada 19 Desember 1999. Ketika itu, admin masih duduk di bangku kelas 1 SMA.

Sumber: Wikipedia - Sheila on 7 (album)

Komentar